Tuesday, December 2, 2008

Ada apa dengan Janda ?

Baca judulnya aja pasti udah bikin ngeri yah ? hehehe... ga kok, ini cuma tulisan ringan yang beberapa hari ini jadi bahan bahasanku sama beberapa orang sahabat.

"gila yah si Aca baru 19 thn udah jd pengganggu rumah tangga orang, masih muda juga kayak ga ada laki-laki lain lagi aja.. kalo dia JANDA siyh pantes kayak gitu"

weish... ada apa dengan JANDA ? hehehe... kalo janda terus jadi lumrah kalo jadi pengganggu rumah tangga orang lain ? hmm.. bukan cuma sekali ini aku denger ungkapan-ungkapan yang memojokan status janda seperti itu, sering banget.. ga ngerti gimana awalnya kok status itu jadi seperti sesuatu yang identik dengan hal-hal negatif yang pada akhirnya dilumrahkan. Mungkin karena prilaku segelintir atau bahkan sebagian besar penyandang status tersebut sering keluar dari jalur-jalur yang dinormakan, akhirnya cap sebagai sampah masyarakat harus dialamatkan pada seluruh penyandang status janda yah ? so pathetic...

Hmm.. saya ga terlalu yakin buat berkomentar apa untuk menyetujui atau tidak persepsi negatif pada status tersebut, karena memang saya ga punya wewenang buat itu heheheh...

saya cuma ingin mengingatkan, menurut saya pasti ga ada satu orang pun yang sengaja berniat untuk menyandang status tidak mengenakan itu.. apapun alasan mereka pada akhirnya memiliki embel-embel janda di kehidupan mereka, pastinya melalui proses yang tidak menyenangkan juga.. jadi untuk ketidaknyamanan yang sudah mereka lalui hingga status itu memberatkan mereka, marilah kita membantu sedikit meringankan dengan tidak selalu menjudge mereka sebagai sampah masyarakat yang pantas untuk dipersalahkan atas setiap tragedi yang sesungguhnya tidak mereka harapkan.. kalaupun ada banyak ketidak wajaran dalam prilaku mereka, mari belajar menilai itu sebagai sikap mereka sebagai individu dan bukan karena status janda yang mereka sandang..

6 komentar:

gloria 02 December, 2008 10:43  

jangan salahkan janda saja... duda juga salah kok

Mang ihin 02 December, 2008 11:50  

Nggak sengaja lagi blogwalking..nemu Janda nih..eh maaf nemu blog ini...

Jadi janda menurut saya bukan merupakan suatu pilihan tetapi merupakan takdir yang mesti dilalui, cuma ada dibeberapa daerah tertentu menjadi JANDA adalah suatu kehormatan.

Secara bahasa pun sebenarnya kita terlalu men Genaralkan kata JANDA hanya kepada seorang perempuan yang bercerai dengan suaminya, padahal pengertian sebenarnya bisa lebih dari itu.

Dan saat ini saya bangga karena sampai saat ini, saya bisa begini karena saya dibesarkan oleh Ibu saya yang seorang Janda.

Mayor Arh Mohamad Nafis 02 December, 2008 12:10  

hmm....gimana ya komentnya...

pertama : perempuan sedikit berbeda dg laki2..kalau laki2 mungkin ada atau banyak yg pengen jadi duda..hahaha..tapi perrempuan apalagi di indonesia gak ada yang mau jadi janda...so, berpisah dari suami dan menyandang status janda memang pilihan, tapi itu pilihan terakhir dari sekian banyak pilihan buruk lainnya dalam rumah tangga yang kisruh..

kedua : memang kebiasaan orang indonesia itu meng-generalisir kelompok, ini yang bener2 nggak bagus, seolah-olah kalau janda itu pasti kelakuannya gak beres, kalau tentara itu preman, kalau polisi itu tukang palak, kalau mahasiswa itu pejuang reformasi, anggota dpr itu tukang korupsi dll padahal kan tidak semua begitu, janda banyak yang baik, tentara banyak yang sopan, polisi banyak yang jujur, mahasiswa ada juga yang jadi "ayam kampus" atau "dokter kampus", anggota dpr ada juga yang jujur dan gak korupsi...ini hanya contoh, jangan juga tersinggung..tapi memang kebiasaan meng-generalisir kelompok ke dalam suatu hal apalagi yang bersifat negatif itu gak bagus dan gak bener..

ketiga : kita masing2 harus menunjukkan bhw kita tidak leh seperti yang dikira oleh orang kebanyakan...

kalu istilahnya sih.."mas/mba' saya memang tidak sebaik yang anda kira..tapi juga tidak seburuk yang anda sangka.."

Echi 02 December, 2008 17:37  

@ mbak gloria : bukan dudanya atau jandanya yang salah kok mbak tapi yang suka mengkotak-kotakannya itu loh hehehe..

@ mang ihin : ibu anda salah satu contoh perempuan dengan predikat janda yang hebat juga contoh yang baik & mulia buat kita semua.. semoga Tuhan senantiasa memberinya kebahagiaan, amin

@ pak mayor : pak, saya tidak sebaik yang mereka kira, tapi tidak juga seburuk yang mereka sangka hihihihihi.....

cantel 03 December, 2008 09:52  

kalo saya sebaik yang mereka kira dan seburuk yg mereka sangka hehe...

Echi 03 December, 2008 10:14  

euh kang cantel maruk :p

Post a Comment

Mangga kalo mau komentar 'ndak perlu bimbang atau ragu.. saya 'ndak akan marah apalagi ngambek kok kalo komentarnya bikin ngamuk sekalipun hehehe..
silahkeun..

dongeng hidup Blog re-Design by Cebong Ipiet © 2008|Support by Mobil Keluarga Terbaik Indonesia

Back to TOP